Friday 18 August 2017

1.1. Ringkasan Riwayat Master Yin Guang




Bimbingan dari Master Yin Guang

1.1. Ringkasan Riwayat Master Yin Guang
Nama awam Master Yin Guang adalah Zhao Dan-gui, nama kehormatannya (nama yang diberikan pada pria yang telah berusia 20 tahun pada era kedinastian di Tiongkok) adalah Shao Yi, penduduk Kabupaten Heyang, Provinsi Shaanxi.

Lahir pada tahun 1861 dalam keluarga yang dikaruniai tiga orang putra, Master berada di urutan yang paling bungsu. Sejak kecil telah memperlihatkan sosok yang cerdas dan bepengertian, mengikuti abang sulungnya belajar ajaran Konfusius.

Pada usia 21 tahun meninggalkan keduniawian dengan nama Dharma Sheng Liang alias Yin Guang. Sejak ditabhiskan, Master Yin Guang meneladani Guru Sesepuh Pertama Aliran Sukhavati, Master Huiyuan dari Lushan, yang membentuk Asosiasi Lotus dan semangat menyebarluaskan metode pelafalan Amituofo, makanya mendapat julukan “Praktisi Penerus Jejak Lushan”.

Sepanjang hidupnya Master menggunakan “tahu malu” untuk menwibawakan pelatihan dirinya, makanya mendapat julukan “Can Kui (tahu malu)”, “Chang Can Kui Seng (Bhiksu yang senantiasa menyadari makna tahu malu). 

Setelah usia 33 tahun, beliau mengasingkan diri di Vihara Fayu, Gunung Putuo, Provinsi Zhejiang. Saat berusia lanjut, Master mendirikan “Hong Hua She” di Shanghai, percetakan yang mencetak dan menyebarluaskan buku-buku Buddhis. Lalu di Vihara Ling-yan-shan di prefektur Suzhou, Kabupaten Wu, Provinsi Jiangsu, menyelenggarakan kegiatan pelafalan Amituofo.

Pada tanggal 2 Desember 1940, Master Yin Guang wafat di Vihara Ling-yan-shan di Suzhou. Kemudian beliau diberi gelar sebagai “Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-13”.

Penulis : Venerable Shi Jian-wen





印光大師略傳
印光大師的俗名叫趙丹桂,字紹伊,號子任。陝西省郃陽縣赤城東村人。家裡一共有三個兄弟,大師排行老么,生性聰明,領悟力強。從小跟隨著大哥學習儒家的治學之道。

二十一歲出家為僧,法名聖量,字印光。出家後因為一心效法淨土宗初祖廬山慧遠大師結蓮社提倡念佛之志,故取號“繼廬行者”。其一生用慚愧莊嚴自己的道行,又號“常慚”、“常慚愧僧”。

三十三歲後,在浙江普陀山法雨寺隱居潛修。晚年在上海創辦佛經流通處弘化社,在蘇州吳縣靈岩山寺開創十方專修淨土道場。民國二十九年十二月二日圓寂於蘇州靈岩山寺。後人奉為淨土宗第十三代祖師。

原文見《印光法師年譜》頁三

釋見文編