Saturday 16 December 2017

Petikan Ceramah Master Yin Guang 14



Petikan Ceramah Master Yin Guang 14
Saat melafal Amituofo, praktisi yang tidak dapat membangkitkan ketulusan sepenuhnya, adalah dikarenakan tidak tahu bahwa alam saha adalah sengsara, Alam Sukhavati adalah bahagia adanya.

Andaikata merenungkan sejenak bahwa untuk terlahir sebagai manusia merupakan kesempatan yang sulit diperoleh, demikian pula kesempatan bertemu dengan Buddha Dharma juga sulit diperoleh, kesempatan bersua dengan Pintu Dharma Sukhavati lebih sulit lagi diperoleh.

Bila tidak menfokuskan pikiran melafal Amituofo, begitu sehela nafas tak kembali lagi, pasti akan mengikuti karma buruk yang paling berat yang diperbuat baik pada masa kelahiran sekarang maupun masa kelahiran lampau, kemudian jatuh ke tiga alam rendah, selama berkalpa-kalpa menjalani siksaan, sulit memperoleh kesempatan untuk bisa keluar.

Dapat berpikir sedemikian rupa, maka dapat merenungkan penderitaan Neraka, lalu membangkitkan Bodhicitta. Bodhicitta adalah hati yang memberi manfaat bagi diri sendiri dan makhluk lainnya. Begitu hati ini dibangkitkan, maka akan serupa dengan peralatan listrik yang tersambung dengan aliran listrik. Kekuatannya lebih besar, lebih cepat.

Dengan demikian dapat mengeliminasi rintangan karma, menambah berkah dan kebijaksanaan, bukanlah berkah kebajikan dan akar kebajikan yang biasa-biasa saja, yang dapat sebanding dengannya.   


圓濤法師白話譯/王勇恭
乙、明對治習氣
白話譯文:
○ 78.念佛的時候,不能懇切的人,是因為不知道娑婆苦、極樂樂。假如想一想人身難得,中國難生,佛法難遇,淨土法門更是難遭難遇。如果不一心念佛,一口氣上不來,一定會隨宿生今世最重的惡業,墮入三途惡道,長劫受苦,很難有出離的時間了。能這樣想,就會思地獄苦,發菩提心。菩提心就是自利利他的心。此心一發好像電器受電,好像藥物加硫一樣。力量更大,更加迅速。這樣就會消業障,增福慧,不是平常福德善根所能比喻的啊。【書一】七四
原文:
● 78.念佛時不能懇切者,不知娑婆苦、極樂樂耳。若念人身難得,中國難生,佛法難遇,淨土法門更為難遇。若不一心念佛,一氣不來,定隨宿生今世之最重惡業,墮三途惡道,長劫受苦,了無出期。如是則思地獄苦,發菩提心。菩提心者,自利利他之心也。此心一發,如器受電,如藥加硫。其力甚大,而且迅速。其消業障,增福慧,非平常福德善根之所能比喻也。【書一】七四