Sunday 20 August 2017

1.12. Melafal Amituofo Dengan Bebas Tanpa Rintangan


Bimbingan dari Master Yin Guang
1.12. Melafal Amituofo Dengan Bebas Tanpa Rintangan
Suatu kali, Master Yin Guang karena persoalan Fang Sheng (kegiatan pelepasan satwa ke alam bebas), berkunjung ke berbagai pelosok, Upasaka Zhang Yi-liu mendatangi Master memohon Visudhi Trisarana.

Ketika Master Yin Guang hendak pulang ke vihara, Upasaka Zhang datang ke stasiun mengantar kepergian Master. Oleh karena bus belum sampai, jadi sambil menunggu kedatangan bus, mereka berdua duduk di lantai.

Stasiun sesak dipenuhi keramaian dan suara hiruk pikuk, samar-samar dia mendengar suara Master Yin Guang melafal Amituofo, serupa dengan biasanya. Meskipun malam hari di musim panas, nyamuk begitu banyak, tetapi Master duduk dengan tegak dan tak bergeming, melafal Amituofo berkesinambungan, membiarkan nyamuk yang menganggu, dan takkan bergeming karenanya.

Dari sini Upasaka Zhang berhasil mengamati bahwa tak peduli dalam keadaan bagaimanapun, Master Yin Guang dapat mengheningkan jiwa dan raganya, melafal Amituofo dengan bebas tanpa rintangan.    

Penulis : Venerable Shi Jian-wen


自在念佛
有一次,印光大師為了放生的事情,到外地去,張一留居士就近前往皈依。
大師要回寺的時候,張居士前來送大師。因為車子還未到,候車時,兩人露地而坐。車站很熱鬧,人聲鼎沸,他卻隱約听見大師的念佛聲,就跟平常沒有兩樣。雖然夏天的夜里,蚊虫很多,而大師正襟端坐,念念佛號,任由蚊虫干扰而無動于衷。他由此觀察到,無論在什么環境之下,大師總能安住身心自在念佛。

原文見《印光法師年譜》頁一二八

釋見文編述