Friday 15 December 2017

Petikan Ceramah Master Yin Guang 10


Petikan Ceramah Master Yin Guang 10

Walaupun hidup sampai usia 100 tahun, juga hanya satu petikan jari sudah terlewati. Selama sehela nafas masih ada, hendaknya segera mencari jalan keluar untuk kelak di kemudian hari. Jangan tunggu hingga saat menjelang ajal, sesal kemudian terlambat sudah.

Hendaknya giat berusaha, ibarat mendaki ke atas Gunung Mustika, harus mendapatkan Mustika Mani. Oleh karena di alam saha ini kita tidak sanggup menghapus klesa (kekotoran batin), belum mengakhiri samsara, sulit terhindar dari jatuh ke alam rendah. Maka itu Tathagata mengerahkan segenap upaya untuk menasehati para makhluk supaya membangkitkan keyakinan benar dan tekad menyeluruh melafal Amituofo, berniat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Hendaknya dengan memberi persembahan kepada Triratna, sepanjang hidup menaati sila, segala jasa kebajikan yang diperbuat, tidak memohon pahala Alam Dewa dan Manusia, tidak memohon usia panjang dan kesehatan, hanya memohon saat menjelang ajal dapat terlahir di Tanah Suci Sukhavati. Dengan demikian barulah terjalin dengan tekad Buddha Amitabha, Sang Buddha pasti mengabulkan harapanmu.

Ibarat orang yang jatuh ke lautan luas, ada sebuah kapal yang datang melakukan penyelamatan, andaikata anda bersedia naik ke kapal, maka akan segera tiba di pantai seberang.

Sebaliknya apabila memohon pahala Alam Dewa dan Manusia, tidak sudi memohon terlahir ke Alam Sukhavati, ibarat orang yang tidak sudi naik ke atas kapal penyelamatan, sulit terhindar dari mati tenggelam di tengah lautan luas.

Sang Buddha menginginkan anda melampaui awam memasuki arus kesucian, tetapi anda malah menghendaki pahala yang bercelah tersebut. Begitu pahala habis dinikmati maka selamanya jatuh ke tiga alam penderitaan. Ini ibarat menggunakan Mustika Mani yang tak ternilai untuk menembak burung. Hasil perolehan sedikit, sementara yang kehilangan begitu banyak. Sungguh disayangkan! Hendaknya melakukan introspeksi diri dan meningkatkan mawas diri!              

Catatan :
Mustika Mani adalah raja diantara semua mustika

圓濤法師白話譯/王勇恭
丙、勉具足信願
白話譯文:
○ 58.縱然有一百年的壽命,也是一彈指就過去了。這一口氣還在,就應當尋求將來的出路。不要等到臨終之時,後悔也來不及了。每每想到《四十二章經》中說:人身難得,中國難生,佛法難遇,信心難生。這四者很慶幸都具備,更加應當努力。如同登上寶山,一定要得到摩尼寶珠。實在因為在凡夫地沒有斷除惑業,生死不了,難免墮落。所以如來極力勸導眾生發真實信心,以及迫切願心持佛名號,求生淨土。應當以供養三寶,一生守戒,一切所作的種種功德,不求來生的人天福報,不求現世的長壽康寧,唯求臨終往生淨土。就和佛的誓願相契入相附合,感應道交,一定滿你所願。如人墮入大海,有船來救,如果肯上船,就即刻登上彼岸。求人天福,不求往生,就象是不肯上船,難免沉溺生死大海。佛陀想要使你超凡入聖,你卻願意得到有漏的福報。福報一盡永墮三途。就象用無價的摩尼寶珠,用來彈射黃雀。所得的少,所失掉的多。真是太可惜了!應該警覺反省啊!【書一】五九
原文:
● 58.縱壽百年,彈指即過,一息尚存,當求出路,毋使臨終,悔之無及。每憶經雲:人身難得,中國難生,佛法難遇,信心難生。四者幸備,尤當努力。如登寶山,要得摩尼。良以在凡夫地,未斷惑業,生死不了,難免墮落。故如來極勸眾生,發真信心,及切願心,持佛名號,求生淨土。當以供養三寶,守戒一生,一切所作種種功德,不求來生人天福報,不求現世長壽康寧,唯求臨終往生淨土。則與佛誓願相契相合,感應道交,定滿所願。如人墮海,有船來救,若肯上船,即登彼岸。求人天福,不求往生,如不上船,難免沉溺。佛欲令汝超凡入聖,汝卻願得有漏之福。福報一盡,永墮三途。如摩尼珠,用彈黃雀。所得者少,所失者多,可不惜哉?宜警省焉。【書一】五九