Sunday 17 September 2017

Cergam 29

Cerita Bergambar
Master Yin Guang
29
Menulis Kalimat Prasasti




Menulis Kalimat Prasasti, Tersebar Luas di Seluruh Pelosok Negeri

Tahun 1933, Vihara Yongquan yang berdiri di Gunung Gushan di Provinsi Fujian, pada saat peresmian Taman Pelepasan Satwa di Vihara Yongquan, mengundang Master Yin Guang menulis kalimat prasasti.

Tahun 1934, Vihara Jianxiu yang terletak di Kota Yangzhou, Provinsi Jiangsu, saat peresmian ruang kebaktian utama, juga mengundang Master Yin Guang untuk menulis kalimat prasasti.

Tahun 1935, Vihara Lingyun di Sichuan, yang berada di kompleks berdirinya Rupang Buddha Raksasa Leshan (Leshan Giant Buddha), membangun ruang penyimpanan koleksi sutra, saat peresmian juga mengundang Master Yin Guang untuk menulis kalimat prasasti.

Tahun 1937 bulan 9, Vihara Jiaochan yang terletak di Kota Prefektur Shaoxing, Provinsi Zhejiang, merenovasi ruang kebaktiannya, saat peresmian juga mengundang Master Yin Guang untuk menulis kalimat prasasti.  

Bahkan vihara-vihara yang berada di Yunnan, Jiangxi, Guangdong, Anhui, Nantong, Ningbo, Wuxi dan daerah lainnya, setiap menyelenggarakan kegiatan upacara kebaktian besar, akan minta bantuan pada Master Yin Guang untuk menulis beberapa kalimat, dapat dilihat bahwa ketrampilan kaligrafi Master pada masa itu merupakan seni kaligrafi yang unggul.  


撰寫碑文 流傳各地

   一九三三年福建鼓山湧泉寺新建放生園落成,大師撰寫碑文立於白雲堂前,一九三四年揚州江都建修精捨募建大殿大師允請撰文,一九三五年四川東山大佛陵雲寺 創建藏經樓請求大師撰寫碑文,大師即撰文寄去,一九三七年九月浙江紹興教禅寺募修大殿,請大師撰文大師欣然命筆,雲南江西廣東安徽南通寧波無錫等地的寺院 翻修或重大佛事活動,均邀大師撰文點化,大師的德行文真是當世驚殊墨寶