Saturday 16 September 2017

Cergam 12


Cerita Bergambar
Master Yin Guang
12
Lahirnya Wenchao



Lahirnya Wenchao Mencerahkan Orang Banyak

Tahun 1912, Master Yin Guang berada di Vihara Fayu di Gunung Putuo, menerima kunjungan umat dari Shanghai yakni Upasaka Gao He-nian. Kemudian berdiskusi dengan Venerable Yu-shan tentang syair Tanah suci.

Sebelum pamit dan berangkat pulang, Upasaka Gao He-nian sempat membawa empat lembar artikel karya Master Yin Guang, kemudian untuk pertama kalinya mempublikasikan buah pena Master di sebuah Majalah Buddhis dan mendapat sambutan yang luas.

Musim semi tahun 1918, Upasaka Xu Yu-ru yang berasal dari Tianjin, yang juga merupakan pegawai di Kantor Pemerintahan Partai Nasionalis (Tiongkok Nasionalis berlangsung dari tahun 1920-1949), mengumpulkan 22 lembar artikel Master dan dijadikan sebagai Bagian Permulaan dari buku berjudul “Master Yin Guang Wen Chao (Catatan Master Yin Guang)”.

Pertama kali dicetak di Beijing, kemudian dicetak ulang oleh beberapa penerbit lainnya, termasuk Hong-hua-she yakni percetakan yang didirikan oleh Master Yin Guang dikemudian hari.

Dari sinilah Wenchao tersebar luas ke seluruh pelosok dunia, nama Master Yin Guang jadi tersohor baik di dalam maupun di luar negeri.  


文抄出世 廣覺有情

   一九一二年大師在普陀山法雨寺晤上海居士高鶴年,後又於通慧閹昱山法師暢談諸家淨土文,高鶴年居士臨行攜去大師四篇文章至滬,首次登刊於佛學專報,引起 了很大反響,一九一八年春,在國民政府任職的天津居士徐蔚如,以歷史搜訪得大師文稿二十二篇定為印光法師文鈔初編,於北京印行後,又搜集文稿亦名印光法師 文鈔,由商務印書館,楊州刻經院,中華書局,蘇州弘化社,上海佛教書局等一一印行,由此文鈔風行天下,印光大師之名遠揚國內外