Wednesday 16 August 2017

Buat Apa Melihat Guru?


Buat apa datang mengunjungi guru, lebih baik melafal Amituofo dengan setulusnya di rumah!

1. Master Yin Guang adalah Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-13, yang hidup pada era yang paling dekat dengan kita, beliau menfokuskan diri melatih metode Tanah Suci. Ketika Master Yin Guang masih berada di dunia, beliau membimbing murid-muridnya dengan sangat disiplin.

2. Diantara murid-murid Master Yin Guang, yang patuh akan memperoleh keberhasilan, sebaliknya yang tidak patuh takkan memiliki pencapaian apapun, yang penurut itu jumlahnya sedikit, sebaliknya yang tidak penurut jumlahnya banyak! 

3. Bagaimana yang disebut dengan murid yang patuh? Master Yin Guang menasehatinya agar berada di rumah melafal Amituofo dengan setulusnya, jangan suka berkunjung ke vihara-vihara, jangan mengikuti upacara-upacara kebaktian, jangan menyelenggarakan kegiatan apapun. Kalau ada umat yang beberapa kali mengunjungi vihara kediaman Master Yin Guang, lalu diketahui oleh beliau, maka akan dimarahinya.  

4. Cobalah baca “Master Yin Guang Wen Chao” atau “Catatan Master Yin Guang”, maka praktisi sekalian dapat menemukan bahwa Bhiksu senior ini berbeda dengan anggota Sangha lainnya. Bagaimana dengan anggota Sangha pada umumnya? Mereka berharap murid-muridnya selalu datang mengunjunginya, kalau beberapa hari saja tidak bersua maka : “Kenapa sudah lama tidak datang berkunjung?”

5. Master Yin Guang justru terbalik dengan orang lain pada umumnya, kalau saja beliau tahu anda sudah beberapa kali datang berkunjung, maka :
“Kenapa kamu selalu saja datang kemari?”  
“Saya datang melihat guru”.
Buat apa melihat guru?”
Kalau sudah dua tiga kali anda datang berkunjung, maka Master akan memarahimu.

6. “Kenapa tidak di rumah saja melafal Amituofo dengan setulusnya? Menghabiskan waktu dan menghamburkan uang saja, buat apa datang kemari?”, Master memarahi orang. Bayangkan, viharanya sendiri saja tidak diijinkan anda datang berkunjung, apalagi sampai mengunjungi vihara-vihara lainnya! 

7. Kalau anda suka berkunjung ke vihara-vihara lainnya, bukan saja menghabiskan waktu dan menghamburkan uang, namun perhatian anda jadi tidak terfokus. Mendengar ceramah dari banyak anggota Sangha, yang ini mengajarimu begini, yang itu mengajarimu begitu, seluruh pikiranmu jadi kacau balau, beragam hal saling bercampur aduk, meskipun melafal Amituofo, namun anda takkan mencapai kemajuan batin.  

8. Maka itu praktisi yang suka berkunjung ke vihara sana sini, pikirannya jadi bercabang-cabang, menghamburkan uang, ini masih merupakan persoalan kecil; apa yang anda pelajari tidak terfokus, bercampur aduk dengan pergunjingan, berbaur dengan banyak beban pikiran yang tidak perlu, inilah yang merupakan problema besar! Maka itu Master Yin Guang tidak menganjurkan umat berkunjung ke vihara sana sini, begini barulah disebut sebagai Kalyanamitra Sejati.   



1、印光大师,这是我们最近一代的祖师,他老人家专修凈土。印光大师当年在世,对他的那些学生们监督很严。

  
  2、印光大师的那些徒弟,凡是听话的都有成就,凡是不听话的都没有成就,听话的少,不听话的多!

  
  3、听话的怎样?印光大师教诫他留在家里老实念佛,不要去跑庙、不要去参加法会,什么都不要搞。如果到他寺院几次,被他看到,就会被他骂。

  
  4、你看那个《文钞》,诸位就会发现,这个老和尚跟别的法师不一样。别的法师怎么样?希望这些徒弟们常常来看看他,如果几天没见,你怎么这么久都没来过?”

5、印光大师跟人家相反,你要是多跑几趟,你怎么老跑这儿来?”“我来看看师父。”“师父有什么好看的?你已经看过二、三次了。他把你骂出去。

  
  6为什么不在家里老实念佛?耽误了时间,浪费了金钱,跑到这儿来干什么?”他骂人。连他老人家自己的道场,他都不准你来,何况是到处跑寺院!

  
  7、你多跑寺院,不但浪费时间、浪费金钱,你的精神涣散,不能集中。你接近法师多了,这个法师跟你讲这个,那个法师跟你讲那个,你一脑袋乱七八糟的东西,你念佛不会成就。

  
  8、所以到处跑寺院,精神、财力浪费了,那都还是小事;你学的东西不专,夹杂许多的是非,夹杂许多不必要的烦恼,这才是大事!所以印光大师,他不主张信徒跑寺院,那是真正的善知识。