Saturday 9 December 2017

Petikan Ceramah Master Yin Guang 07



Petikan Ceramah Master Yin Guang 07

Setiap kali kita melakukan namaskara, membaca sutra Mahayana, segala kebajikan dan tindakan yang bermanfaat bagi orang banyak, seluruh jasa kebajikan ini harus dilimpahkan dengan bertekad terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat.

Jadi bukan berarti kalau lagi melafal Amituofo maka dilimpahkan ke Alam Sukhavati, sedangkan kalau lagi beramal maka dilimpahkan untuk memohon pahala duniawi, kalau sudah begini maka niat hati sudah tidak menyatu lagi, sulit untuk dapat terlahir ke Alam Sukhavati.   

Harus diketahui bahwa praktisi yang bersungguh-sungguh melafal Amituofo, takkan memohon pahala duniawi, namun dengan sendirinya akan memperoleh pahala duniawi. (Umpamanya usia panjang, keluarga harmonis, anak cucu berjaya, segala sesuatu berjalan sesuai dengan harapan dan sebagainya).

Sebaliknya kalau memohon pahala duniawi, tidak sudi melimpahkan jasa kebajikan dengan bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, dengan demikian pahala duniawi yang diperoleh justru begitu kecil. Lagi pula dengan pikiran yang tak terfokus, maka peluang terlahir ke Alam Sukhavati juga tidak ada kepastiannya.    


圓濤法師白話譯/王勇恭
丙、勉具足信願
白話譯文:
○ 55.凡是禮拜讀誦大乘經典,以及作一切於世,與人有益的事情,都要將這些功德回向往生西方。不可以只單單用念佛回向西方,其餘的功德另外回向給世間的福報,那麼心念不歸一,便難往生。必須知道真能念佛,不求世間福報,而自然得到世間福報。(比如長壽無病,家門清泰,子孫發達,諸緣如意,萬事吉祥等等。)如果求世間福報,不肯回向往生,那麼所得的世間福報反而下劣。而心不專一,往生就很難決定了。【書一】二六
原文:
● 55.舉凡禮拜讀誦大乘經典,及作一切於世於人有益之事,悉皆以此回向西方。不可唯以念佛回向西方,其餘功德,另去回向世間福報,則念不歸一,便難往生。須知真能念佛,不求世間福報,而自得世間福報(如長壽無病、家門清泰、子孫發達、諸緣如意、萬事吉祥等)。若求世間福報,不肯回向往生,則所得世間福報,反為下劣。而心不專一,往生便難決定矣。【書一】二六