Tuesday 22 August 2017

1.24. Menaklukkan Harimau


Bimbingan dari Master Yin Guang
1.24. Menaklukkan Harimau
Pelukis tersohor yang bernama Zhang Shan-zi, bukan saja ahli dalam melukis gambar harimau, bahkan memelihara seekor harimau hidup di Kebun Binatang  Suzhou.

Setelah Master Yin Guang mengetahuinya, memperingatkan Zhang Shan-zi : “Jangan sampai harimau yang dipelihara malah jadi petaka, harimau itu sifatnya buas dan sulit dijinakkan, takutnya di kemudian hari malah melukai orang”.

Kemudian Zhang Shan-zi menggiring harimau peliharaannya ke hadapan Master Yin Guang, memohon Visudhi Trisarana dibawah bimbingan Master, dengan penuh maitri karuna, Master membacakan Visudhi Trisarana kepada harimau, bahkan juga memberinya nama Dharma “Ge Xin”.

Sejak itu harimau ini menjadi sangat jinak, tidak lama kemudian sakit dan mati. Setelah kejadian ini tersebar luas, banyak orang beranggapan bahwa etika moral Master Yin Guang telah menaklukkan harimau ini, sehingga dalam waktu singkat, harimau ini berhasil membebaskan diri dari raga harimau, terlepas dari Alam Binatang.

Maka itu banyak praktisi yang berada di kejauhan sibuk menulis surat kepada Master Yin Guang, berharap agar Master menulis secara terperinci bagaimana kisahnya “Menaklukkan Harimau”.

Begitu Master Yin Guang menerima surat begini, langsung membalasnya dengan dua tiga kalimat saja : “Harimau itu sejak kecil sudah dipelihara Zhang Shan-zi, jadi mustahil karena saya mempunyai pelatihan diri lalu bisa menaklukkan-nya bukan?”

Kemudian di bagian akhir surat, Master Yin Guang mengingatkan mereka lagi : “Peristiwa begini sungguh tidak pantas disebarluaskan, apalagi sampai membesar-besarkannya, jangan sampai menimbulkan masalah tanpa alasan yang jelas”.
 
Penulis : Venerable Shi Jian-wen


以道伏虎
近代有名的畫家張善子不但擅長畫老虎,還養了一只活老虎在蘇州网獅園。印光大師知道后,告誡張善子:“當心養虎為患,老虎生性猛烈難馴,以后恐怕會傷害到人。”

后來張善子將老虎牽到印光大師的面前,請求印光大師為老虎皈依,大師慈悲為老虎說三皈依,并且賜它法名為“格心”。老虎從此變得十分柔和溫馴,過不久就病死了。

這件事情傳開之后,許多人認為是大師的德行高深馴服了這只虎,也使這只虎在短期間內就能脫离虎身、畜生道。于是打老遠寫信給大師,希望大師能將“以道伏虎”這件事情的經過,詳細的說給大家听。大師接到信之后卻是輕描淡寫、三言兩語回复他們:“你說的這只老虎,是張善子從小養大的,哪里是因為我有道行而降伏它的?”大師在信的最后再次提醒:“這件事絕對不值得對別人轉述、宣說,你們千万不要無端生事。”

原文《印光法師文鈔三編》上冊,頁一二九

釋見文編述