Thursday 24 August 2017

2.2. Cara Membaca Sutra


Bimbingan dari Master Yin Guang
2.2. Cara Membaca Sutra
Master Yin Guang memberi ceramah : Membaca sutra harus ada cara yang tepat, pertama-tama sikap hendaknya tulus sepenuhnya, mensucikan tindakan, ucapan dan pikiran.

Sebelum mulai membaca sutra, duduklah untuk menenangkan diri sejenak, kemudian bernamaskara pada Buddha, barulah membaca sutra, atau juga boleh membacanya di dalam hati. Atau terlebih dulu bernamaskara pada Buddha, kemudian duduk menenangkan diri sejenak, barulah mulai membaca sutra.

Setiap membaca sutra, sikap duduk haruslah tegak, serupa dengan Buddha dan Bodhisattva berada di hadapan, membabarkan Dharma secara langsung kepada diri kita, di dalam hati kita tidak berani muncul sebersit niat malas, tidak berani muncul sebersit niat membeda-bedakan, dari awal sampai akhir, hanya tahu membaca terus, terhadap aksara sutra atau makna yang terkandung di dalam sutra, takkan memikirkannya, juga takkan membeda-bedakannya.

Dengan menuruti cara sedemikian rupa untuk membaca sutra, bagi praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan yang tajam, dapat menyadari kebenaran Buddha Dharma, sedangkan bagi praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan yang tumpul, dapat mengeliminasi rintangan karma, mengembangkan berkah dan kebijaksanaan.    

Penulis : Venerable Shi Jian-wen


讀經的方法
大師對人開示:閱讀經典要有正确的方法,首先態度必須至誠懇切,清淨我們的身口意。讀經之前,先端坐片刻,讓心平靜下來,然后拜佛,才朗誦經文,或者默默閱讀。或者是先拜佛,然后再靜坐片刻,才開經閱讀。

凡讀經,必須端身正坐,就像佛菩薩在面前親自對我們宣說一樣,心中不敢生一念懈怠,不敢起一念分別,從頭到尾,一直閱去,對于經典的文字或是經中的義理,都不去想,也不去分別。照這樣的方法閱讀經典,利根的人,可以体悟佛法真理,證實相法,即使是劣根的人,也可以消除業障,增長福慧。

原文見《印光法師年譜》頁一二一

釋見文編述