Saturday 16 December 2017

Petikan Ceramah Master Yin Guang 11




Petikan Ceramah Master Yin Guang 11

Pintu Dharma Pelafalan Amituofo paling menitikberatkan pada pengembangan keyakinan dan tekad hati. Apabila memiliki keyakinan benar dan tekad bulat, meskipun tidak sanggup mencapai kesucian hati, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Mengapa demikian? Ini dikarenakan tekad hati para makhluk yang melafal Amituofo terjalin dengan tekad Buddha Amitabha, maka itu Sang Buddha dapat merespon-nya.

Ibarat permukaan air di sungai, tidak mungkin tidak ada riaknya. Asalkan tidak ada amukan badai yang menimbulkan gelombang hebat, maka bulan purnama yang tergantung di angkasa tetap saja dapat terpantul dengan jelas di atas permukaan air. Tekad para makhluk yang melafal Amituofo terjalin dengan tekad agung Buddha Amitabha, adalah serupa dengan ibunda dan putranya yang saling mengingat.

Sedangkan praktisi yang lebih suka mengandalkan kekuatan sendiri, tidak mengandalkan kekuatan Buddha, justru dikarenakan tidak memahami kebenaran ini.          

圓濤法師白話譯/王勇恭
丙、勉具足信願
白話譯文:
○ 60.念佛法門最注重信願心的培養。如果信願真切,雖然沒能夠心中清淨,也得以往生。為什麼呢?這是因為眾生志心念佛為能感,所以致使彌陀能應眾生之感。好像江海中的水,不能沒有一點動相。只要沒有狂風巨浪,那麼天上的明月就能夠明了地影現在水中。眾生之能感與佛之所應相互交道,好像母子和孩子互相憶念一樣。那些專重自力,不仗佛力的修行者,正是由於不知這個道理的緣故啊。【書二】四八
原文:
● 60.念佛之法,重在信願。信願真切,雖未能心中清淨,亦得往生。何以故?以志心念佛為能感,故致彌陀即能應耳。如江海中水,未能了無動相。但無狂風巨浪,則中天明月,即得了了影現矣。感應道交,如母子相憶。彼專重自力,不仗佛力者,由於不知此義故也。【書二】四八