Monday 21 August 2017

1.17. Mendidik putra-putri merupakan hal yang paling penting


Bimbingan dari Master Yin Guang
1.17. Mendidik putra-putri merupakan hal yang paling penting
Ada seorang upasaka yang suka mengambil buku-buku sutra di vihara untuk disebarluaskan kepada orang lain. Master Yin Guang berkata padanya :
“Anda memiliki niat begini adalah sangat bagus, oleh karena dengan mengambil buku-buku Dharma di vihara, lalu membagi-bagikan kepada orang lain, adalah merupakan sebuah kebajikan. Tetapi ada hal lain yang lebih penting daripada menyebarluaskan buku-buku Dharma ini”.

Setelah mendengar perkataan Master Yin Guang, upasaka ini dengan pandangan yang penuh keraguan dan penasaran, tertuju pada Master. Master melanjutkan berkata : “Anda harus mendidik putra putrimu! Oleh karena dengan mendidik putra putri dengan baik, jasa kebajikan ini lebih unggul daripada membagi-bagikan buku Dharma kepada orang lain. Masyarakat sekarang ini, pendidikan etika moral sudah merosot tajam, hati manusia dipenuhi kejahatan, ini dikarenakan sebagai ayahbunda tidak mendidik putra putrinya dengan baik. Ada sebagian putra putri yang mulanya baik, tetapi oleh karena ayahbunda-nya terlalu memanjakan dirinya, akibatnya sungguh miris. Maka itu, anda harus menempatkan pendidikan bagi putra putri sebagai hal yang paling penting, jangan meniru-niru tindakan orang lain”.
  
Master Yin Guang selalu menekankan bahwa “Faktor yang menentukan keberhasilan atau kegagalan seseorang adalah terletak pada masa kecilnya. Pendidikan keluarga dapat mengubah kebiasaan masyarakat, landasan untuk mengembangkan insan berbakat”. Nasehat ini pantas direnungkan oleh praktisi masa kini. Banyak umat Buddha yang telah berkeluarga, tetapi kerjanya keluyuran di luar sepanjang hari, sibuk melakukan aktivitas membantu perkembangan Ajaran Buddha atau sibuk dalam kegiatan amal, sementara putra-putrinya sendiri malah terlantar.

Anak-anak adalah generasi penerus bangsa, kelak mereka merupakan calon pimpinan negara, negara berada di tangan mereka, dengan mendidik putra putri dengan baik, kelak akan mengubah dan membawa budaya masyarakat ke arah yang lebih baik, maka itu Master Yin Guang mengatakan : “Mendidik putra putri dengan baik merupakan jasa kebajikan yang paling unggul!”    

Penulis : Venerable Shi Jian-wen


教育儿女最重要


有位居士,經常請經書送給別人。印光大師對他說:

    「你有這份心很好,因為請佛書送給別人是一件好事。但是有一件事比請佛書送人還重要。」

    這位居士听了,用很疑惑、好奇的眼光看著大師。大師加強語气繼續說:

    「你要教育儿女!因為把儿女教育好,功德比請經書送人還要殊胜。現在這個世界,世道不好,人心險惡,都是因為大家沒有好好教育儿女所產生的結果。有些人的儿女資質本來很好,卻被父母教坏了,說起來很令人心痛。所以你要把教育儿女看得很重要,不要學別人那個樣子。」

    大師一生不斷勸導「人之成敗關鍵,全在幼時。」「家庭教育為改造社會,培植新人之根本途徑」,這些誨諭,值得現代的學佛弟子省思。很多在家學佛弟子,整天 忙著做佛教、慈善事業,卻忽略家人儿女的照顧。儿童是國家未來的主人翁,教育好儿女是改善世道人心的根本,所以大師說:「把儿女教育好就是最殊胜的功 德!」

原文見《紀念文集‧追憶十年前的師訓》

釋見文編述