Wednesday 11 October 2017

Petikan Ceramah Master Yin Guang 02


Petikan Ceramah Master Yin Guang 02

Semua makhluk yang mendengar Pintu Dharma Tanah Suci, seharusnya yakin secara mendalam bahwa alam saha sungguh menderita, sebaliknya, Tanah Suci Sukhavati amat berbahagia. Hendaknya yakin secara mendalam bahwa rintangan karma kita selama kelahiran demi kelahiran adalah begitu berat, kalau bukan mengandalkan kekuatan Buddha, pasti sulit keluar dari samsara.

Hendaknya yakin secara mendalam bahwa asalkan membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka pasti berhasil terlahir di sana. Mesti yakin secara mendalam bahwa melafal Amituofo pasti memperoleh bimbingan dan penjemputan dari Buddha Amitabha.

Oleh karena adanya keyakinan hati yang kokoh, bertekad menjauhi alam saha, ibarat terpidana yang sangat ingin keluar dari penjara, sama sekali takkan ada perasaan tidak ikhlas. Bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, ibarat insan yang sedang berada di negeri asing, merindukan pulang kembali ke kampung halamannya, sama sekali takkan ada niat mengembara lagi.

Selanjutnya mengerahkan segenap kemampuan, dengan hati yang setulusnya melafal Amituofo. Tak peduli melafal keluar suara atau melafalnya di dalam hati, baik berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring, baik dalam berinteraksi dengan orang lain, berpakaian atau menyantap hidangan, mesti mempertahankan lafalan Amituofo tak pernah terpisahkan dari hati, hati tak terpisahkan dari lafalan Amituofo.       


一、赞净土超

23.所有众生听闻到净土法门。应当深信娑婆世界极苦,西方净土极乐。应当深信我们多生以来业障深重,如果不凭借佛力,决定难以出离生死。应当深信只要求生西方,决定现生就能往生。决定深信念佛一定会弥陀蒙慈悲摄受。由于有这个坚定的信心,愿离娑婆,好像囚犯非常想出牢狱一样,绝对没有留恋之心。愿生西方,好像客居他乡的人思念回归故乡一样,绝对没有漂泊的念头。从此以后根据你自己的身份及能力,至心持念阿弥陀佛圣号。无论语默动静,行住坐卧,迎宾待客,穿衣吃饭,必须让佛号不离心,心不离佛号。【论】