Saturday 9 September 2017

3.2. Untaian Kata 11~20



Bimbingan dari Master Yin Guang
3.2. Untaian Kata 11~20


11. 末世眾生,無論有善根無善根,皆當決定專修淨土。善根有,固宜努力;無,尤當篤培。

11. Para makhluk yang berada di jaman berakhirnya Dharma, tak peduli memiliki akar kebajikan atau tidak memiliki akar kebajikan, semuanya mesti menfokuskan diri melatih Pintu Dharma Tanah Suci. Bagi yang memiliki akar kebajikan, hendaknya lebih giat lagi; sedangkan yang tidak memiliki akar kebajikan maka hendaknya memupuknya dengan ketulusan hati.


12. 敦倫盡分,閑邪存誠,爲入佛之階梯;信願念佛,求生淨土,乃萬行之歸宿。

12. Menunaikan kewajiban menurut peranan masing-masing, menjauhi kesesatan membangkitkan ketulusan, sebagai tangga untuk melangkah masuk ke Pintu Ajaran Buddha; membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, berniat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, merupakan tempat berpulang dari seluruh pintu Dharma.


13.(印光)所恨色力衰弱,行難勇猛,而信願堅固,非但世間禅講諸師不能稍移其操,即諸佛現身,令修余法,亦不肯舍此取彼,違背初心。

13. Saya (Yin Guang) paling tidak suka orang yang pendiriannya lemah, dalam pengamalan juga tidak gigih berusaha, sedangkan mereka yang memiliki keyakinan dan tekad yang kokoh, bukan saja takkan goyah oleh ucapan para guru aliran Zen, bahkan meskipun para Buddha menampilkan diri, menasehatimu supaya melatih metode lainnya, juga tidak boleh mengabaikan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo lalu memilih metode lainnya, bertentangan dengan niat hati semula.


14. 薦亡之法,唯念佛最爲第一。

14. Cara untuk melakukan pelimpahan jasa kepada mendiang, satu-satunya hanyalah melafal Amituofo sebagai yang paling terunggul.


15. 念佛法門,實爲佛大慈悲普度一切無力了生死之衆生,而令其即生速了之無上要道也。

15. Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, merupakan jalan utama yang tertinggi tiada taranya, yang muncul dari Maha Maitri Karuna para Buddha dalam menyelamatkan semua makhluk yang tak berdaya mengakhiri samsara,


16. 今日之國運危岌,民不聊生,皆是一班無智慧修行人之來生福報所搗亂而成者。汝打什麽窮妄想,欲不墮惡道,不生西方,則一生不墮,二生不墮者便少也。

16. Hari ini kondisi negara (negara Tiongkok pada permulaan abad ke-20) yang berada dalam bahaya dan lemah, rakyat sulit bertahan hidup, semua kekacauan ini terbentuk oleh pahala masa kehidupan mendatang yang dimiliki oleh sekelompok praktisi yang tidak memiliki kebijaksanaan. Anda memikirkan khayalan apa yang melelahkan, menghendaki tidak jatuh ke alam rendah, tidak terlahir ke Alam Sukhavati, walaupun pada satu masa kehidupan ini tidak mengalami kemerosotan batin, namun pada masa kelahiran kedua yang tidak mengalami kemerosotan batin itu jumlahnya hanya sedikit.  


17. 念佛必須攝心,念從心起,聲從口出,皆須字字句句,分明了了。又須攝耳諦听,字字句句納于心中。耳根一攝,諸根無由外馳,庶可速至一心不亂。

17. Melafal Amituofo mesti mengendalikan hati dan pikiran, lafalan Amituofo dibangkitkan dari dalam hati, lalu suara lafalan dikeluarkan dari mulut, setiap katanya harus jelas dan disadari. Telinga mesti terfokus mendengar suara lafalan, setiap kata dan kalimatnya terukir di dalam hati. Indera pendengaran difokuskan, indera lainnya tidak berdaya berkeliaran di luar, dengan demikian dalam waktu singkat dapat mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan.


18. 家庭教育爲治安之本,因果報應爲制心之法。

18. Pendidikan keluarga sebagai landasan pemeliharaan keamanan, Hukum Sebab Akibat sebagai metode untuk mengendalikan hati dan pikiran.  


19.  家庭教育爲改造社會、培植新人之根本途徑。

19. Pendidikan keluarga dapat mengubah kebiasaan buruk dalam masyarakat, jalan untuk menghasilkan generasi penerus yang berbakat.


20. 生子非難,教子尤難。許多不洞事之人,無子求菩薩,及其得子,唯知寶貴,從茲養成廢器者多多。譬如種田,只知求好種子,及其苗茁以後,則所有除莠、澆灌等手續概不一用,其稻種雖好,尚能望其收獲否?

20. Melahirkan anak tidak sulit, tapi mendidik anak lebih sulit. Banyak orang yang tidak memahami kebenaran, tidak punya anak pergi memohon pada Bodhisattva, setelah dikaruniai anak, cuma tahu memanjakannya, tahu membesarkan tapi tidak tahu mendidik sehingga si anak jadi tak berguna, kasus demikian jumlahnya sangat banyak.

Ibarat bercocok tanam, cuma tahu menabur bibit yang bagus, setelah bertunas, malah tidak mencabut ilalang, menyirami dan sebagainya, meskipun bibit padinya bagus, namun apakah bisa berharap memperoleh hasil panennya? 


Penulis : Venerable Shi Jian-wen