Sunday 20 August 2017

1.11. Memberi Teladan Dalam Bentuk Tindakan Nyata


Bimbingan dari Master Yin Guang

1.11. Memberi Teladan Dalam Bentuk Tindakan Nyata
Master mempunyai seorang murid awam yang bernama Ye Hu. Mulanya dia merupakan seorang kaum intelek yang berpendidikan tinggi. Tahun 1913, dia menfokuskan diri melatih metode Tanah Suci.

Suatu hari Ye Hu mengunjungi Master Yin Guang, Master bertanya : “Apakah anda sudah menjalani pola makan vegetarian?”

Ye Hu menjawab dengan jujur : “Saya sedang berusaha mengamalkannya”.

“Memalukan! Orang berpengetahuan luas seperti dirimu, kalau tidak memberi teladan dalam bentuk tindakan nyata, bervegetarian jangka panjang, bagaimana dapat menyelamatkan insan lainnya?”

Terhadap suara bentakan dari Master Yin Guang, Ye Hu sama sekali tidak keberatan, sebaliknya malah menerima dengan penuh suka cita dan tulus.

Keesokan harinya, Ye Hu menulis sepucuk surat kepada Master Yin Guang, menyatakan bersedia mendukung dan membantu buku yang sedang disusun Master yang berjudul “Jing Tu Sheng Xian Lu (Kisah para insan suci dan bijak yang terlahir ke Tanah Suci Sukhavati)”, bahkan terhadap pertemuan kemarin, didikan Master yang tegas namun welas asih, dia menyatakan menerima manfaat yang banyak. Beribu-ribu ucapan terima kasih yang dihaturkan, memuji Master ternyata nama harumnya bukan semu belaka.

Melihat isi surat ini, Master Yin Guang mengetahui bahwa pengetahuan dan pandangan Ye Hu adalah benar, kerendahan hati dan kelapangan hati yang sangat luas, bahasa dan tulisannya juga melampaui awam, menakjubkan, merupakan insan berbakat yang sulit ditemukan pada jaman berakhirnya Dharma ini.  

Maka itu Master Yin Guang mengundangnya untuk menyusun buku yang berjudul “Guan Yin Pu Sa Ben Ji Gan Yin Song (Syair Mukjizat Jejak Bodhisattva Avalokitesvara)”.

Sejak itu Master Yin Guang dan Upasaka Ye Hu saling berkiriman surat dan akrab, Ye Hu mengamalkan tata krama guru dan murid, memohon pada Master Yin Guang untuk memberi Visudhi Trisarana kepadanya, Master memberinya Visudhi Trisarana dengan nama Dharma “Zhi Jing”.

Penulis : Venerable Shi Jian-wen


以身作則
大師有位弟子名叫做業笏。他原是一位學問廣博的知識份子。民國二年,歸心學佛,專修淨土。
   有一次,業笏拜見印光大師,大師問他:「你吃素嗎?」
  「僅吃花素!」業笏老實回答。
  「倒架子!如此大通家,尚不以身作則吃長素,如何能感化他人呢?」
  業笏面對大師的厲聲大吼,不但毫不介意,反而心悅誠服。
  隔天,業笏寫了一封信來,表示願意贊助大師編輯《淨土聖賢錄》,並對於昨日見面時大師嚴正的慈訓,表示受益良多,萬分感激,讚嘆大師果然名不虛傳。大師看到這樣一封信,知道業笏知見純正,虛懷若谷,且文筆超然、微妙,為末法時代難得的人才,於是請他編輯《觀世音菩薩本跡感應頌》。從此兩人書信往來密切,業笏執持弟子禮,請求大師為他皈依,大師為他皈依,法名「止淨」。

原文見《印光法師文鈔續編‧附錄‧許止淨居士記并頌》下冊,頁七七八

釋見文編述