Saturday 23 December 2017

Petikan Ceramah Master Yin Guang 18



Petikan Ceramah Master Yin Guang 18

Hati lobha (ketamakan), dosa(kebencian) dan moha(kedunguan), setiap orang juga memilikinya. Andaikata menyadarinya sebagai penyakit batin, maka kekuatan mereka sulit membara.

Ibarat pencuri yang menyusup ke dalam rumah, apabila pemilik rumah memperlakukan si pencuri seperti keluarga sendiri, maka seluruh harta bendanya akan disikat habis. Sebaliknya bila pemilik rumah menyadari kehadiran si pencuri, maka takkan sungkan mengusirnya keluar, takkan membiarkannya hadir di dalam rumah meskipun hanya untuk sesaat saja. Dengan demikian barulah takkan menderita kerugian akibat kehilangan harta benda, pemilik rumah juga berada dalam kondisi selamat.

Praktisi jaman dulu berkata : “Tidak takut pada bentuk-bentuk pikiran yang bermunculan, hanya saja ditakutkan terlambat menyadarinya”. Begitu niat pikiran lobha, dosa, moha bermunculan, segera menyadarinya, maka khayalan pun mereda dengan sendirinya.  

Sebaliknya bila memperlakukan lobha, dosa dan moha sebagai majikan, maka ini serupa dengan menganggap pencuri sebagai keluarga sendiri, akibatnya harta benda di dalam rumah akan disikat sampai ludes tak bersisa.        


圓濤法師白話譯/王勇恭
乙、明對治習氣
白話譯文:
○ 88.貪心、瞋心、癡心,人人都有。如果知道這是病態,那麼它們的勢力便很難熾盛。好像賊潛入人家,家中主人若把賊看做是自家人,那麼全家的珍寶,就都會被它們偷竊得乾乾淨淨。如果知道他們是賊,不許他們在自己家中停留片刻,必須讓他們全部離開,越遠越好。那樣就不會丟失財寶,主人就會安心泰然了。古德說:不怕念頭起來,就怕覺醒遲頓。貪瞋癡念頭一起來,立即覺察到了,妄念就會立即消滅。如果認為貪瞋癡是自家的主人,那就像認賊為子一樣,家中的財寶,必然被他們偷竊的乾乾淨淨。【書一】七四
原文:
● 88.貪瞋癡心,人人皆有。若知彼是病,則其勢便難熾盛。譬如賊入人家,家中主人若認做家中人,則全家珍寶,皆被彼偷竊淨盡。若知是賊,不許彼在自家中停留一刻,必須令其遠去淨盡。庶財寶不失,而主人安泰矣。古德云:不怕念起,只怕覺遲。貪瞋癡一起,立即覺了,則立即消滅矣。若以貪瞋癡為自家正主,則如認賊為子,其家財寶,必致消散矣。【書一】七四