Sunday 20 August 2017

1.10. Kerendahan hati dan kelapangan hati yang maha luas


Bimbingan dari Master Yin Guang
1.10. Kerendahan hati dan kelapangan hati yang maha luas
Tahun 1922, Master Yin Guang berusia 62 tahun, pejabat Kabupaten Dinghai, yakni Tao Zai-dong dan kawan-kawan, mengumpulkan rekam jejak Master Yin Guang, lalu memperlihatkannya kepada Presiden Xu. Setelah presiden melihatnya, menganugerahkan sebilah papan yang bertuliskan “Wu Che Yuan Ming (Pencerahan nan sempurna dan cemerlang)”, dalam suasana yang resmi dan meriah, papan tersebut diantar ke Gunung Putuo.

Setelah masyarakat mengetahui hal ini, mereka berbondong-bondong menuju ke  Vihara Lingyan di Gunung Putuo memberi persembahan, kemeriahan yang belum pernah ada sebelum dan sesudahnya.

Setelah Master Yin Guang menerima papan penghargaan dari Presiden Xu, murid-murid Master, baik anggota Sangha maupun umat awam pada waktu itu sangat kagum dan bersukacita.

Ada praktisi yang bertanya bagaimana pandangan Master Yin Guang terhadap kejadian ini, Master menjawab : “Pujian sedemikian rupa, adalah ibarat paviliun yang berdiri di angkasa, semu dan tidak nyata, saya tidak memiliki kebajikan, kejadian ini hanya membuat diriku merasa sangat malu sekali, darimana lagi kemuliaan hati mesti dibangkitkan?”  

Penulis : Venerable Shi Jian-wen


虛怀若谷
民國十一年,印光大師六十二歲,定海縣的知事陶在東先生等人,收集印光大師的道行事蹟,呈現大總統。總統閱後,題賜「悟徹圓明」匾額一方,風風光光地送到普陀山。大家知道這件事情之後,爭先到普陀山 靈巖寺供養,盛況空前。

       大師獲得了總統的褒美題匾,令當時所有在家、出家弟子都非常欣羨。有人來問大師對這件事情的想法,大師說:「這樣的讚譽,就像虛空樓閣一樣的不切實際,我沒有實德,這件事只讓我感到萬分慚愧,光榮之心要從何生起呢?」

                                                         原文見《印光法師年譜》頁一一三

釋見文編述