Friday 25 August 2017

2.6. Bagaimana Cara Meredakan Khayalan?


Bimbingan dari Master Yin Guang
2.6. Bagaimana Cara Meredakan Khayalan?
Ketika bentuk-bentuk pikiran bermunculan, janganlah dihiraukan, dengan demikian barulah takkan terjadi khayalan bertambah khayalan. Umpamanya ada preman yang datang mengacau ke rumah seseorang, andaikata majikan rumah tidak menghiraukannya, maka dia juga takkan berdaya.

Sebaliknya apabila menggunakan cara paksaan untuk mengusirnya, maka dia akan lebih brutal lagi. Tetapi apabila menggunakan cara lemah lembut untuk menghadapinya, dia akan mengira majikan rumah pasti takut padanya, tingkahnya akan kian menjadi-jadi.

Tak peduli cara yang lembut atau cara yang keras, hanya akan membawa kerugian saja, takkan ada manfaatnya, cara yang paling bagus adalah biarkan saja, jangan menghiraukannya, ketika dia melihat tidak ada peluang baginya, dia akan pergi dengan sendirinya.

Meredakan bentuk-bentuk pikiran juga sedemikian rupa, ketika bentuk-bentuk pikiran bermunculan, janganlah menghiraukannya, dia akan reda dengan sendirinya.

Penulis : Venerable Shi Jian-wen


如何對治妄想?
起了妄想的時候,不要理會它,這樣才不會妄想加上妄想。譬如一個小人來某家撒賴,如果主人不理他,他就無可奈何。如果用強制的方法抵制他,他會比你更強悍。如果好言好語對待他,他以為主人一定很怕他,會得寸進尺,更加猖狂。無論軟、硬的方法,都只有損害,沒有益處,最好的方式就是隨他去,不要理會他,他看無机可乘,自然就會离去了。對治妄想也是如此,妄想來時,不要理會它,它自然會熄滅。

原文見《印光法師文鈔三編》冊,頁五九二

釋見文編述