Thursday 24 August 2017

2.5. Sutra Mana Yang Paling Unggul?


Bimbingan dari Master Yin Guang
2.5. Sutra Mana Yang Paling Unggul?
Ada orang yang bertanya pada Master Yin Guang : Sutra mana yang paling bagus? Master Menjawab :
“Anda bertanya sutra mana yang paling bagus? Semua sutra Aliran Mahayana juga bagus, tetapi apakah anda sanggup membaca dan mengamalkannya satu persatu?

Oleh karena tidak sanggup membacanya satu persatu, maka sebaiknya menfokuskan diri membaca satu sutra saja, contohnya “Sutra Intan” atau “Sutra Hati”, “Amitabha Sutra”, “Maha Karuna Dharani”, dan sebagainya, pilih satu saja, mana saja juga bagus.

Tetapi prinsipnya adalah mesti membangkitkan ketulusan dan rasa hormat, dengan demikian barulah ada jasa kebajikan yang besar. Kalau bukan demikian, maka membaca sutra itu kadang kala ada jasa kebajikannya, namun kadang kala malah ada dosanya. Oleh karena hati tidak tulus, akhirnya jadi tidak punya rasa hormat, dengan begini, membaca sutra malah menciptakan karma buruk.

Selain itu dalam keseharian mesti melafal “Namo Amituofo” sebagai latihan harian yang berkesinambungan tak terputus, dengan nama Tathagata yang telah sempurna akan segala kebajikan, lama kelamaan hati sendiri dapat menyatu dengan Hati Buddha, merupakan yang terunggul, hati sendiri dapat menyatu dengan Jalan KeBuddhaan, merupakan yang terunggul”.    
   
Penulis : Venerable Shi Jian-wen


什么經典最殊胜?
有人問印光大師:什么經典最好?大師說:
“你問什么經典最好?一切大乘經典都好,但是你能一一受持嗎?既然無法一一遍持,那么專心受持《金剛經》或是《心經》、《彌陀經》、大悲咒等任一种都很好。但原則是必須至誠恭敬,如此才有大功德。否則受持經典變成有時有功德,有時有罪過。因為心不虔誠,變成褻瀆佛經,如此受持經典則招罪過。又必須以念‘南無阿彌陀佛’為終日常修不間斷的功課,以如來万德洪名,常熏自己的業識,久而久之,自然可以心与佛心合而為一,心与佛道合而為一。”

原文見《印光法師文鈔三編》上冊,頁四七四

釋見文編述