Monday 28 August 2017

2.11. Bagaimana caranya supaya pohon buah tidak dimakan serangga?


Bimbingan dari Master Yin Guang
2.11. Bagaimana caranya supaya pohon buah tidak dimakan serangga?
Ada seorang upasaka, di dusunnya banyak orang menanam Pohon Jeruk, serangga mudah berkembang biak di pohon ini, kalau dibasmi akan menyebabkan karma pembunuhan, maka itu memohon bimbingan dari Master, bagaimana sebaiknya?

Master Yin Guang menulis surat balasan :
Andaikata dapat membangkitkan ketulusan hati mempersiapkan segelas air yang diberkati dengan pembacaan Maha Karuna Dharani sebanyak 108 kali, lalu memercikkan air Maha Karuna di pohon buah, sambil memercikkan air sambil membaca Maha Karuna Dharani, dengan demikian meskipun serangga masih berkembang biak di pohon, namun jumlahnya takkan banyak. Apabila dapat membangkitkan ketulusan hingga menyeluruh, maka takkan ada lagi serangga sama sekali.

Kalau tidak tahu membaca Maha Karuna Dharani, maka boleh membaca Mantra Cundi, atau Sukhavati Vyuha Dharani, atau Sutra Hati, andaikata semuanya juga tidak bisa, maka cukup melafal dengan setulusnya “Namo Maha Maitri Maha Karuna Avalokitesvara Bodhisattvaya Mahasattvaya (Namo Da Ci Da Bei Guan Shi Yin Pu Sa)”, sebanyak sepuluh ribu kali (sebelumnya terlebih dulu mempersiapkan semangkok air bersih, setelah selesai melafal, lalu percikkan air tersebut ke pohon buah), sepanjang perjalanan menuju kebun buah, mesti sambil melafal namaNya, sesampainya di kebun buah, sambil memercik air juga sambil melafal namaNya. Andaikata setiap hari dapat melafalnya secara rutin, atau sambil berjalan mengelilingi kebun buah sambil melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara, pohon buah pasti akan tumbuh rimbun, panen buah pasti berlimpah.

Manusia di dunia tidak mengetahui kebenaran ini, hanya tahu rakus akan ketenaran dan keuntungan. Apabila dapat melakukannya menuruti cara yang telah kukatakan, maka pohon buah pasti takkan bersarang serangga, panen buah pasti berlimpah.

Orang lain yang melihat hasil begini, pasti juga akan mengikuti anda melafal mantra atau nama Bodhisattva Avalokitesvara. Pohon yang telah menjadi sarang serangga, bila ingin membasminya sampai tuntas adalah hal yang sangat sulit, mesti memulainya dari bagaimana cara supaya serangga tidak kembali lagi, barulah merupakan penyelesaian atas akar permasalahan.

Penulis : Venerable Shi Jian-wen


怎樣令果樹不長虫?
有位居士,家鄉很多人种植橘子,而橘樹容易長虫,捕捉扑滅會有殺生問題,因此向大師請教該如何作才如法?大師回信說:
如果能以至誠心持大悲咒水,一百零八遍。然后用大悲水,洒向果樹,邊洒邊持大悲咒,這樣即使果樹還有虫,也不至于很多。如果能做到十分的至誠懇切,那么可以做到沒有虫。

如果不會持大悲咒,可以念准提咒或是往生咒或是心經,如果全都不會,那么就至誠念“南無大慈大悲救苦救難觀世音菩薩”一万聲(預先准備一碗淨水,念完以此淨水洒向果樹),要去果園的途中,一定要邊念圣號,到了果園,洒淨水的時候,也要邊念圣號。如果肯每天常念,或在果園周圍念,果樹必定長得茂盛,果實一定丰收。

世間人不知道這個道理,只貪圖利益。如果能依照我所說的方法去作,果樹一定不長虫,果實一定丰收。別人看到了這樣的成果与利益,一定也肯念咒或持觀音圣號。果樹一旦長了虫,要想大家不扑滅很困難,必須要從如何不長虫做起,才是根本的解決辦法。

原文見《印光大師文鈔三編上》頁四五六

釋見文編述