Friday 8 December 2017

Petikan Ceramah Master Yin Guang 03


Petikan Ceramah Master Yin Guang 03
Melatih Pintu Dharma Tanah Suci, mesti memiliki sebutir hati yang tidak ragu sama sekali, buat apa menanyakan pada orang lain, apakah metode ini efektif atau tidak? Meskipun seluruh manusia di dunia ini tidak memiliki bukti, namun juga takkan muncul sebersit keraguan. Oleh karena ada ucapan yang tulus dari Buddha Sakyamuni yang bisa diandalkan.  

Andaikata menanyakan pada orang lain, apakah melatih Pintu Dharma ini efektif atau tidak, maka ini berarti masih belum percaya sepenuhnya pada ucapan Buddha, masih harus mendengarkan perkataan orang lain untuk memastikannya. Kalau begini mustahil bisa meraih keberhasilan.      

Seorang ksatria takkan mengabaikan ucapan Buddha lalu percaya pada perkataan manusia. Diri sendiri tidak mempunyai keteguhan hati, demi membuktikan kebenaran ucapan Buddha, malah pergi mendengarkan perkataan manusia, lalu menjadikan perkataan manusia sebagai pedoman masa depannya, bukankah ini sungguh menyedihkan?


圓濤法師白話譯/王勇恭
乙、勸祛疑生信
白話譯文:
○ 31.修行淨土法門,要有決定不懷疑的心理,何必去問別人有沒有效果?縱然全世界的人都沒有驗效,也不生一念疑心。因為有佛祖摯誠的教言可以依憑。假如去問別人有沒有效果,就是對佛的言論信得還不夠徹底,而要用人言來定論。這就是偷心,這是不能成事的。英烈漢子絕對不至於舍信佛言而去相信人言。自己心中沒有主張,為效驗佛語的真偽專門去聽人說的話,而將人的話作為自己的前途導師,那不是悲哀嗎?【書一】六十
原文:
● 31.修行淨土,有決定不疑之理,何必要問他人之效驗?縱舉世之人,皆無效驗,亦不生一念疑心。以佛祖誠言可憑故。若問他人效驗,便是信佛言未極,而以人言為定。便是偷心,便不濟事。英烈漢子,斷不至舍佛言而取信人言。自己中心無主,專欲以效驗人言為前途導師,可不哀哉?【書一】六十