Monday 21 August 2017

1.18. Maitri Karuna Tanpa Rintangan


Bimbingan dari Master Yin Guang
1.18. Maitri Karuna Tanpa Rintangan
Ketika Master Yin Guang baru menginjakkan kakinya di Vihara Baoguo di Suzhou, di dalam kamar pengasingan beliau banyak ditemukan kutu busuk. Murid Master khawatir usia Master yang telah lanjut, takut tidak tahan pada gangguan serangga, beberapa kali memohon pada Master, agar diperbolehkan masuk ke dalam kamar pengasingan untuk menyapu dan membersihkan kamar dari kutu busuk.

Tetapi Master bersikeras menolak :
“Banyaknya kutu busuk, hanya bisa menyalahkan diri sendiri tidak punya etika moral. Bhiksu senior jaman dulu, ada yang tidak tahan pada gangguan kutu busuk, sehingga berkata pada mereka :
“Binatang! Kamu datang mengganggu, cepat keluar!”

Kemudian serangga-serangga tersebut pergi dari kamar. Dikarenakan ketrampilan melatih diriku masih belum mencukupi, tidak berdaya mempengaruhi kutu busuk supaya keluar, apa yang mau dikatakan lagi?  

Menghadapi gangguan kutu busuk, Master Yin Guang selalu bersikap tenang, sama sekali tidak keberatan, juga tidak timbul niat untuk melukai mereka sama sekali.   

Tiga tahun telah berlalu, kutu busuk lenyap tanpa jejak, sejak itu tidak muncul lagi di dalam kamar pengasingan Master Yin Guang. Terhadap fenomena ini, Master juga tidak memberitahukan pada orang lain. 

Suatu hari Venerable De-sen merasa khawatir dan bertanya pada Master Yin Guang :
“Apakah kutu busuk masih datang mengganggu?”

Master menjawab : “Tidak ada lagi!”

Venerable Desen tidak terlalu percaya, mana mungkin kutu busuk dapat hilang tanpa jejak dengan sendirinya, atau mungkin Master matanya kabur, tidak melihat dengan jelas!  

Venerable Desen memohon agar diijinkan masuk ke dalam kamar pengasingan untuk memeriksa secara langsung.

Setelah masuk ke dalam kamar pengasingan, ternyata benar, seekor kutu busuk pun tidak kelihatan sama sekali. Gerombolan kutu busuk telah hilang tanpa jejak.

Penulis : Venerable Shi Jian-wen


慈悲無障礙
大師剛到蘇州報國寺的時候,關房中臭虫隨處可見。大師的侍者擔心大師年紀已大,恐不堪臭虫的干扰,好几次向大師請求,讓他進入關房清除打掃,把臭虫徹底清出。但是大師堅決拒絕:
“臭虫之多,只能怪自己無道無德。古代高僧,有耐不住臭虫的侵扰,于是對它們說:
‘畜生!你來打岔,當遷你的單!’
這些虫就相繼离去了。我因為修持功夫還不夠,無法感應臭虫遷單,又能說什么呢?”

面對臭虫的干扰,大師始終處之泰然,毫不介意,也不起任何傷害它們的心念。

三年過去了,臭虫消失無蹤,從此不出現在大師的關房。大師對此現象,也不對他人說起。有一天,德森法師關心地問大師:
“臭虫還來打扰嗎?”

“沒有了!”大師口气淡淡地。

德森法師不太相信,臭虫怎么可能自然絕跡,也許是老和尚眼花,看不清楚吧!德森要求親自進入關房察看。

進入關房后,果然一只臭虫也沒看到。臭虫已消失無蹤了。

原文見《印光法師文鈔三編‧附錄‧印光大師行業記》頁一一三九

釋見文編述