Saturday 9 December 2017

Petikan Ceramah Master Yin Guang 06


Petikan Ceramah Master Yin Guang 06

Apabila membahas tentang Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, maka hanya disimpulkan sebagai keyakinan, tekad dan pengamalan. Jika tiga syarat ini telah dipenuhi, maka pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

Tanpa memiliki keyakinan benar dan tekad menyeluruh, meskipun ada pengamalan nyata (pengamalan adalah melafal Amituofo), juga tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Apalagi orang plin-plan yang tidak punya keteguhan hati?

Master Ou Yi berkata : “Berhasil atau tidaknya seseorang itu terlahir ke Alam Sukhavati adalah tergantung pada ada tidaknya keyakinan dan tekad yang dimiliki; sedangkan tinggi rendahnya tingkatan kelahiran yang dicapai adalah tergantung pada dalam atau dangkalnya ketrampilan melafal Amituofo yang dimiliki”.

Ini merupakan fakta yang tidak dapat diubah meskipun oleh kemunculan para Buddha dari tiga masa, merupakan metode yang menakjubkan bagi semua kalangan.

Hendaknya menfokuskan diri pada satu metode ini, semoga dapat membuktikan dan memperoleh manfaat yang sesungguhnya secara langsung dengan mata dan kepala sendiri.    


圓濤法師白話譯/王勇恭
丙、勉具足信願
白話譯文:
○ 53.如果談論念佛法門,只有信、願、行三法為它的宗要。三法具足,決定往生。若沒有真信切願,縱然有真正的行持也是不能往生的。何況悠悠泛泛的人呢?蕅益大師說:能不能往生,全憑信願的有無;往生品位的高下,全憑持名功夫的深淺。這是三世諸佛出世都不能改變的常識,是三根普被的妙道啊。應該全身靠倒,但願親自證得真實的利益啊。信、願、行三法在《淨土十要》中都有詳細的開示。而且第一要《彌陀要解》五重玄義中,第三明宗,發揮三法最為精確詳盡。之後的每個章節,每個段落都有所提示,必須細心參考閱讀,這裏就不詳細說了。【書一】二二
原文:
● 53.若論念佛法門,唯以信、願、行三法為其宗要。三法具足,決定往生。若無真信切願,縱有真行,亦不能生。況悠悠泛泛者哉?蕅益所謂得生與否,全由信願之有無;品位高下,全由持名之深淺,乃三世不易之常談,三根普被之妙道也。宜通身靠倒,庶親驗證益耳。信、願、行三,《十要》中皆悉詳示。而第一要,《彌陀要解》五重玄義中,第三明宗,發揮三法,最為精詳。其後節節段段,皆有指示,宜細參閱,此不備書。【書一】二二