Monday 21 August 2017

1.19.Apakah keyakinan dan tekad anda sudah kokoh?


Bimbingan dari Master Yin Guang
1.19.Apakah keyakinan dan tekad anda sudah kokoh?
Ada seorang upasaka yang bernama Zhao Mao-lin, dia pernah mengambil Visudhi Trisarana di Vihara Baoguo dibawah bimbingan Master Yin Guang, Master memotivasinya agar memperkokoh keyakinan dan tekad diri sendiri, tekun melafal Amituofo.

Dua tahun kemudian, dia membawa keluarganya mengunjungi Master Yin Guang, Master langsung bertanya padanya :
“Selama dua tahun ini, apakah keyakinan dan tekad anda sudah kokoh? Apakah ada membuat jadwal melafal Amituofo setiap hari? 

Upasaka Zhao jadi panik sampai tidak sanggup berkata apa-apa, beberapa saat kemudian barulah dia bicara dengan terbata-bata :
“Saya...............oleh karena harus mengelola restoran dan pabrik, sangat sibuk sekali, makanya tidak membuat jadwal melafal Amituofo setiap hari. Tetapi saya memiliki keyakinan dan tekad secara mendalam dan menyeluruh terhadap Pintu Dharma Tanah Suci, takkan goyah sama sekali”.

Setelah mendengarnya, dengan wajah serius, Master Yin Guang berkata :
“Mesti buat jadwal melafal Amituofo setiap hari, dengan demikian barulah keyakinan dan tekad takkan goyah sama sekali; sebaliknya tidak membuat jadwal melafal Amituofo, berarti keyakinan dan tekad masih belum kokoh, pulang nanti kamu harus membuat jadwal melafal Amituofo setiap hari dan menjalankannya!”.

Pada umumnya praktisi pelafal Amituofo mempunyai satu penyakit batin, mengira bahwa keyakinan dan tekadnya untuk terlahir ke Alam Sukhavati sudah kokoh, tetapi oleh karena aktivitas hariannya begitu padat, maka itu tidak memiliki waktu buat melafal Amituofo. Master Yin Guang memberitahu pada kita apabila tidak menetapkan jadwal melafal Amituofo setiap hari, kemudian menjalankannya dengan kesungguhan hati, ini berarti keyakinan dan tekad masih belum kokoh.

Ini merupakan cara untuk menilai apakah keyakinan dan tekad diri sendiri sudah kokoh atau belum? Hal ini dapat dilihat apakah kita ada atau tidak, membuat jadwal melafal Amituofo setiap hari lalu menjalaninya tanpa absen.  

Penulis : Venerable Shi Jian-wen


你的信愿堅定嗎?
有位居士叫做趙茂林,他曾經在蘇州報國寺皈依印光大師,大師勉勵他要堅定自己的信愿,好好念佛。兩年后,他偕同家人來拜見印光大師,大師第一句話就問他:

    「兩年來,你的信愿堅定嗎?念佛的功課有訂定嗎?」

     這位居士緊張得說不出話來,許久才結結巴巴地說:

    「我……因為要管理飯店及工厂的事,非常繁忙,所以并沒有定念佛功課。但是我對淨土法門的信愿是深切、堅定不移的。」

    大師听了,臉色嚴正地說:

    「要訂定念佛功課,這樣才是真正地信愿堅定不移;不訂念佛功課,表示對念佛的信愿還沒有堅定,你還要痛切地用功念佛!」


很多人學佛都患有一种毛病,認為自己對念佛的信心很堅定,也想求生极樂世界,但是因為很忙,所以沒有時間念佛。大師告訴我們,如果不能訂定念佛功課,真切 實行,就表示對念佛的信愿還沒有堅定。這是檢核自己對念佛是否真有堅定信愿的方法,我們真的信愿堅定不移嗎?就看我們有沒有把每天念佛的定課落實

原文見《永思集續編‧追述學佛因緣并以紀念印公恩師》

釋見文編述