Thursday 24 August 2017

2.3. Cara Menyalin Sutra


Bimbingan dari Master Yin Guang
2.3. Cara Menyalin Sutra
Menyalin sutra harus dengan sikap tulus dan hormat, setiap garis dan goresannya, dikerjakan dengan hati-hati dan rapi. Juga harus memeriksa dan mencocokkan kembali dengan seksama, menghindari terjadinya kesilapan. Kalau ada yang salah atau silap, maka harus menulis lagi dari awal, tidak boleh menghapus bagian yang salah, dengan cara menempel potongan kertas, lalu diatasnya ditulis dengan aksara yang benar.  

Untuk menghindari kelak di tempat yang ditempel, oleh karena sudah dimakan waktu sehingga daya rekatnya jadi berkurang dan terlepas, sehingga tetap saja kelihatan bagian yang salah.

Setelah selesai menulis satu kalimat, segeralah dicocokkan dengan naskah aslinya, selesai menulis sebaris kolom juga segera dicocokkan, kalau satu halaman telah diselesaikan, maka dicocokkan sebanyak dua atau tiga kali, dengan demikian barulah dapat menghindari kesalahan.    

Kalau sudah melakukan kesalahan atau kesilapan, tetapi tidak sudi mengulangnya dari awal, maka di aksara yang salah itu, buatlah sebuah bulatan hitam untuk menutupinya, kemudian disampingnya ditulis aksara yang benar, jangan sampai menggunakan cara mencoret untuk memperbaiki aksara yang salah ditulis.         
   
Penulis : Venerable Shi Jian-wen


抄經的方法
寫經要至誠恭敬,一筆一划,工工整整的。又必須仔細校對,避免錯誤。如果寫錯,要另外重新再寫過,不可以挖掉錯誤的地方,用修補的方式重寫,以免將來修補之處因黏性退化而產生脫落的現象,仍看不清楚正确的字。寫一句要校對一句,寫一行校對一行,一頁寫完了,整頁再校對二、三次,這樣才可以做到完全沒有錯誤。如果寫錯了,不愿意再重新寫過,那就在錯字的地方點一筆,在旁邊寫下正确的字,千万不要用涂改修補的方式。

原文見《印光法師文鈔三編》上冊,頁四八

釋見文編述