Tuesday 22 August 2017

1.28. Semangat Master Yin Guang


Bimbingan dari Master Yin Guang
1.28. Semangat Master Yin Guang
Ketika usia Master Yin Guang mendekati 80 tahun, murid-murid Master baik yang anggota Sangha maupun umat awam, berencana menyelenggarakan acara perayaan ulang tahun Master yang ke-80. Setelah Master mendengar hal ini langsung menolaknya. Master berkata :
“Sepanjang hidupku tidak sama dengan orang awam, yang melakukan kegiatan yang sesat, apa itu perayaan ulang tahun yang ke-80!”

“Kalau ada orang yang memberiku ucapan selamat ulang tahun, maka saya bukan saja tidak sudi menerimanya, bahkan hatiku merasa pedih, lebih jauh lagi, saya akan menganggap ini sebagai bentuk penghinaan pada diriku. Maka itu saya berharap agar kalian jangan lagi mengungkit hal ini denganku. Kalau ada yang bersikeras memberi ucapan selamat ulang tahun padaku, maka orang ini telah memandang diriku serupa dengan orang awam. Lebih baik kepalaku dipenggal saja, namun juga takkan sudi mendengar kalian datang memberiku ucapan selamat ulang tahun”. 

Kemudian Master Yin Guang mengumpulkan seluruh anggota Sangha dan umat awam di Vihara Ling-yan-shan, dengan resmi mengumumkan pada mereka :
“Kabarnya kalian sedang sibuk mempersiapkan acara perayaan ulang tahunku yang ke-80, terima kasih atas niat baik kalian, tetapi tidak usah diselenggarakan, oleh karena secara pribadi saya menolak kegiatan semacam ini.

Di dalam masyarakat, sebagian orang demi mempamerkan kedudukan dan kekayaannya, sehingga menyelenggarakan pesta ulang tahunnya, juga ada orang yang rakus akan ketenaran dan keuntungan makanya menyelenggarakan pesta ulang tahunnya.

Mereka menganggap perayaan ulang tahun sebagai sesuatu yang membanggakan, sebaliknya bagi diriku, Yin Guang, acara tersebut adalah memalukan!”  

Ketika Master menyebut kata “memalukan”, wajahnya memerah, suaranya nyaring, ruangan dalam sekejab jadi sunyi senyap.  

Terhadap semangat Master Yin Guang ini, semua orang jadi salut, dengan semangat Master ini memotivasi diri sendiri.

Penulis : Venerable Shi Jian-wen


印光精神
在印光大師近八十歲的時候,佛教界以及大師的皈依弟子,計畫為大師慶賀八十壽誕。大師听到后,當下堅決反對。他說:
“我一生不与世俗人一樣,做一些顛倒的舉動,什么八十不八十!如果有人要為我祝壽,我非但不領情,且深惡痛絕,還會以這件事情為恥辱。所以希望大家不要再對我提起這件事。如果還有人想為我祝壽的話,就是把我看成世俗一般人了。我是宁愿受斬頭的酷刑,也不愿意听到有人要來為我祝壽。”

后來,大師召集靈岩山寺的全体僧眾以及在家居士,正式對他們說:
“听說各位道友正在為我籌辦八十壽辰祝壽活動,感謝大家的一片誠心好意。但請不必辦了,因為我個人反對搞這种祝壽活動。社會上有些人為顯示權勢、擴張勢力而辦壽;也有些人為了斂財、揚名而辦壽。他們都把辦壽引為光榮,可是我印光以為可恥!”當大師說到“可恥”兩個字時,面紅耳赤,聲音宏亮,堂內一片肅靜。大家都為大師這种精神,深為敬佩,以此激勵自己。

《印光法師年譜》頁三九

釋見文編述