Monday 28 August 2017

2.12. Bagaimana Cara Memperbaiki Tabiat Emosional?




Bimbingan dari Master Yin Guang
2.12. Bagaimana Cara Memperbaiki Tabiat Emosional?   
Ada seorang upasaka yang menulis surat kepada Master Yin Guang memohon bimbingan : Tabiat diri sendiri begitu emosional, suka kesal dan marah-marah, bagaimana meredakannya?

Master Yin Guang menulis surat balasan :
Temperamen buruk merupakan tabiat yang dibawa dari masa kelahiran lampau, bukan mudah untuk memadamkannya. Tetapi belajar Ajaran Buddha, semestinya menghapus tabiat merupakan langkah awal dari ketrampilan melatih diri, dapat mengikis satu bagian tabiat, melatih diri barulah terhitung memperoleh satu bagian ketrampilan.

Kalau bukan demikian maka disebut sebagai melatih benih sebab tetapi tidak menghasilkan buah akibat, sama saja dengan tidak memperoleh manfaat dari belajar Buddha Dharma, tidak terjalin dengan Buddha Dharma.    

Oleh karena mengetahui bahwa tabiat sendiri tidak baik, amarah mudah meledak, hendaknya selalu mengatakan pada diri sendiri : Dalam segala hal, saya tidak sebanding dengan insan lain; andaikata orang lain merugikan dan berhutang padaku, juga menganggap sayalah yang merugikan dan berhutang pada orang lain. Memiliki perasaan bahwa diri sendiri merugikan dan berhutang pada semua orang, diri sendiri merasa begitu malu dan menyesal, memohon maaf. Dengan demikian emosi juga akan reda, takkan timbul lagi.

Setiap manusia yang ber-temperamen buruk, dikarenakan hatinya merasa pongah, andaikata memperlakukan semua orang dengan kelapangan hati, maka temperamen pun jadi stabil, takkan angkuh lagi dan merasa diri sendiri lebih hebat.  

Penulis : Venerable Shi Jian-wen


性情暴戾如何改?
有位居士寫信向印光大師請法:自己性情暴躁,常常發脾气,該怎么調伏?
大師回信告訴他:
性情暴戾是過去世所帶來的習气,不容易息滅。但是學佛,應以對治習气為第一步功夫,能克除一分習气,修行才算得到一分功夫。否則只是修因而沒有產生結果,等于沒有得到修學佛法的利益,沒有与佛法相應。

既然知道自己的脾气不好,容易暴躁,應該常常告訴自己:我事事不如別人;如果是別人虧欠我,也當作是我虧欠別人。覺得自己對所有的人都有一份虧欠感,自己常感到很慚愧、抱歉。暴戾之气就會消失,不再生起。

凡是性情暴戾的人,都是因為心中有傲慢之心,如果能常常對所有人怀着一份抱歉之心,自然能夠心平气和,不會再貢高我慢,气勢凌人了。

原文見《印光法師文鈔三編》頁五三一

釋見文編述