Friday 8 December 2017

Petikan Ceramah Master Yin Guang 05



Petikan Ceramah Master Yin Guang 05

Hendaknya membangkitkan keteguhan hati sedemikian rupa. Saat menjelang ajal mesti terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat. Takkan sudi lagi terlahir kembali di alam manusia ini walaupun hanya sesaat saja, jangankan bilang jadi manusia awam, bahkan jadi raja maupun Bhiksu senior, juga takkan sudi.

Keinginan terlahir sebagai Bhiksu senior yang mencapai pencerahan tinggi, yang memberi ceramah dan menyebarluaskan Buddha Dharma, yang menyelamatkan orang banyak, juga harus dipandang sebagai racun berbisa, jangan sampai muncul niat begini.

Dengan memiliki keteguhan hati, barulah keyakinan, tekad dan pengamalan kita dapat terjalin dengan Buddha Amitabha. Tekad agung Buddha Amitabha barulah dapat menuntun diri kita. Terjalin dengan Buddha Amitabha, memperoleh penjemputan dan terlahir di sembilan tingkatan Bunga Teratai, selamanya keluar dari lingkaran tumimbal lahir!          


圓濤法師白話譯/王勇恭
丙、勉具足信願
白話譯文:
○ 51.應當必須發起這樣的決定心,臨終一定要往生西方。暫且不要說碌碌平庸的人身不願意再受。即使成為國王身,以及出家為僧,一聞千悟,得大總持,大弘法化,普利眾生的高僧身,也要看作如同毒害和罪惡的深淵,決定不生一念想要接受的心。有了這樣的決心,那麼自己的信願行才能夠感應到阿彌陀佛。阿彌陀佛的誓願才能夠攝受到我們。感應道交,蒙佛接引,直登九品蓮,永遠出輪回啊!【書一】二十
原文:
● 51.當須發決定心,臨終定欲往生西方。且莫說碌碌庸人之身,不願更受。即為人天王身,及出家為僧,一聞千悟,得大總持,大宏法化,普利眾生之高僧身,亦視之若荼毒罪藪,決定不生一念欲受之心。如是決定,則己之信願行,方能感佛。佛之誓願,方能攝受。感應道交,蒙佛接引,直登九品,永出輪回矣。【書一】二十