Saturday 16 December 2017

Petikan Ceramah Master Yin Guang 13



Petikan Ceramah Master Yin Guang 13
Bila ingin hati tidak mendambakan benda materi di luar, mesti menfokuskan pikiran melafal Amituofo. Bila pikiran tidak dapat terfokus, juga mesti difokuskan. Tidak sanggup melafal Amituofo, juga mesti dilafalkan. Pikiran tidak dapat terfokus, juga mesti difokuskan, dan sebagainya.

Diantara semua ini tidak ada cara yang istimewa, hanya dengan menempel satu aksara “Mati” di kening, digantung di atas alis mata. Di dalam hati senantiasa mengatakan : “Saya bernama.....sejak waktu tanpa awal, hingga masa kelahiran sekarang, karma buruk yang telah diperbuat adalah tak terhingga dan tanpa batas. Andaikata karma buruk tersebut memiliki wujud, maka ruang angkasa di sepuluh penjuru juga tidak mampu memuatnya.

Pada masa kelahiran sekarang, betapa beruntungnya, berkesempatan terlahir sebagai manusia, juga mendengar Buddha Dharma. Jika tidak menfokuskan pikiran melafal Amituofo, bertekad terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat, begitu sehela nafas tak kembali lagi, pasti jatuh ke Neraka, menjalani siksaan di dalam sup mendidih, tungku arang, pohon pedang dan gunung belati, tidak tahu harus melewati berapa kalpa lamanya.

Meskipun sudah keluar dari Neraka, lalu masuk ke Alam Setan Kelaparan, bagian perut besarnya hingga serupa lautan, kerongkongan malah halusnya serupa dengan sebatang jarum, sepanjang kalpa harus menderita kelaparan, kerongkongan dipenuhi bara api, tidak mendengar adanya istilah air, sulit memperoleh rasa kenyang walaupun hanya buat sementara waktu.

Setelah keluar dari Alam Setan Kelaparan, masuk ke Alam Binatang, atau ditunggang manusia, atau dijadikan hidangan atas meja. Walaupun kemudian terlahir jadi manusia, diliputi kebodohan dan ketidaktahuan, menciptakan karma buruk sebagai kemampuannya, sementara berbuat baik malah dianggap sebagai belenggu, tidak sampai sepuluh tahun jatuh lagi ke tiga alam rendah. Selama kalpa yang tak terhitung berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir. Walaupun ingin keluar, namun tidak ada jalan”.

Jika dapat berpikir sedemikian rupa, maka seperti yang diutarakan di depan bahwa bila ingin hati tidak mendambakan benda materi di luar dan sebagainya, maka dalam waktu seketika dapat terwujud.

Maka itu pada masa Dinasti Tang ada penjagal sapi Zhang Shan-he, penyembelih ayam Zhang Zhong-kui, saat menjelang ajal, pemandangan Alam Neraka muncul di hadapan mereka, melafal Amituofo hanya beberapa kali, segera melihat kehadiran Buddha Amitabha datang menjemput.

Manfaat yang sedemikian besarnya ini tidak terdapat dalam pintu Dharma lainnya. Saya selalu mengatakan : “Para makhluk di sembilan Alam Dharma bila terpisah dari Pintu Dharma ini, maka tidak dapat menyempurnakan Jalan KeBuddhaan. Para Buddha di sepuluh penjuru bila mengabaikan Dharma ini, maka tidak dapat memberi manfaat secara menyeluruh kepada semua makhluk”. Maksudnya adalah sedemikian rupa!

Catatan :
Sembilan Alam Dharma adalah :
1. Bodhisattva
2. Pratyeka Buddha
3. Sravaka
4. Deva
5. Manusya-gati
6. Asura
7. Tiryagyoni (Alam Binatang) 
8. Preta (Alam Setan Kelaparan)
9. Naraka
     


圓濤法師白話譯/王勇恭
甲、示念佛方法
白話譯文:
○ 66.想要心中不貪戀外界的事物,專心念佛。不能專心,要讓他專心。不能念佛,要讓他念佛。不能一心,要讓他一心等等。這其中也沒有奇特奧妙的法則,但將一個字,貼到額頭上,掛到眉毛上。心裏常常念說:我某人從無始來,直至今生,所作惡業無量無邊。假使惡業有體相者,十方虛空不能容受。宿生何幸,今得人身,又聞佛法。若不一心念佛,求生西方,一氣不來,定向地獄,鑊湯爐炭、劍樹刀山裏受苦,不知經幾多劫。縱然出離地獄,又墮入餓鬼,腹部大得象海,嚥喉卻細得象一根針,長劫饑虛,喉中火燃,不聞漿水的名稱,難得暫時之飽。從餓鬼出,復為畜生,或供人騎乘,或充人菜餚。縱得為人,愚癡無知,以造業作為能耐的事,以修善作為束縛的事,不數十年又復墮落。經塵點劫輪回六道。雖然想出離,卻沒有路徑。能這樣去思惟想念,如上面所求的不貪戀外界事物等等,當下就能成辦。所以唐朝殺牛的張善和、殺雞的張鐘馗,臨終時地獄相現前,念佛數聲,就親見佛來接引往生。這麼大的利益是釋尊一代時教,百千萬億法門中都是沒有的。我常常說:九界眾生離此法,上不能圓成佛道。十方諸佛舍此法,下不能普利群萌。說得就是這個意思啊!【書一】十四
原文:
● 66.欲心不貪外事,專念佛。不能專,要他專。不能念,要他念。不能一心,要他一心等。亦無奇特奧妙法則,但將一個字,貼到額顱上,掛到眉毛上。心常念曰:我某人從無始來,直至今生,所作惡業,無量無邊。假使惡業有體相者,十方虛空,不能容受。宿生何幸,今得人身,又聞佛法。若不一心念佛求生西方,一氣不來,定向地獄鑊湯、爐炭、劍樹、刀山裏受苦,不知經幾多劫。縱出地獄,復墮餓鬼,腹大如海,嚥細如針,長劫饑虛,喉中火燃,不聞漿水之名,難得暫時之飽。從餓鬼出,復為畜生,或供人騎乘,或充人庖廚。縱得為人,愚癡無知,以造業為德能,以修善為桎梏,不數十年,又復墮落。經塵點劫,輪回六道。雖欲出離,末由也已。能如是念,如上所求,當下成辦。所以張善和、張鐘馗,臨終地獄相現,念佛數聲,即親見佛來接引往生。如是利益,一代時教,百千萬億法門之所無者。吾常曰九界眾生離此法,上不能圓成佛道;十方諸佛舍此法,下不能普利群萌者,此之謂也。【書一】十四