Friday 8 December 2017

Petikan Ceramah Master Yin Guang 04


Petikan Ceramah Master Yin Guang 04

Meskipun disiplin menjalankan Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan, sehingga terlahir kembali jadi manusia atau Dewa, namun sesungguhnya berkah duniawi justru merupakan akar dari kemerosotan.

Meskipun kekotoran batin para Dewa tidak separah alam manusia ini, namun ketika berkah surgawi habis dinikmati, pasti akan jatuh ke alam yang lebih rendah.

Oleh karena berkah surgawi masih bersisa, sehingga melanjutkan menikmati kesenangan di dunia manusia. Oleh karena menikmati kesenangan duniawi, akibatnya menciptakan karma buruk.

Oleh karena menciptakan karma buruk maka kelak jatuh ke alam penderitaan. Apalagi kalau masa hidupnya sudah habis, karma buruknya juga sudah masak, maka langsung jatuh ke alam penderitaan.  

Maka itu praktisi jaman dulu beranggapan bahwa insan yang melatih diri, andaikata tidak membangkitkan pikiran benar menimbun karma suci, maka hanya dapat memperoleh pahala Alam Dewa dan Manusia, yang disebut sebagai “Musuh Masa Kehidupan Ketiga”.

Sutra Lotus menyebutkan bahwa tidak ada tempat yang aman di Triloka, ibarat rumah yang dilalap api, penuh dengan penderitaan, sungguh menakutkan. Insan yang tercerahkan akan segera mencari segala daya upaya untuk keluar dari Triloka, berharap dapat mencapai sebuah tempat (alam) yang aman dan tenteram.

Catatan :
karma suci adalah membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo
Triloka/Trailokya adalah Kamaloka, Rupaloka dan Arupaloka


圓濤法師白話譯/王勇恭
丙、勉具足信願
白話譯文:
○ 48.即使嚴格地修持五戒、十善,得人身、天身。然而人間的福樂乃是墮落的根本所在。天上雖不比人間的煩惱惑業猛利,然而天福一旦享盡,決定往下界投生。由於宿世天福沒有享盡,所以在人間繼續享福。由於享福的緣故,所以造業。既然造了罪業,那麼墮落惡道就是瞬息間的事情。何況還有因為天命終了,承受宿世惡業已經成熟的力量,直接墮入惡道中的人呢?所以古德認為修行的人,假如沒有正念修持淨業,只能得到人天福報,被稱作第三世怨。《法華經》說:三界無安,猶如火宅,眾苦充滿,甚可怖畏。知道好歹的人應當急忙尋求出離三界,希望到達安穩寂靜的境界,作為上等的計策啊。【序】十一
原文:
● 48.縱令恪修五戒、十善,得人天身。然人間福樂,乃墮落之根本。天上雖不比人間煩惑猛利,然天福一盡,決定下生。由宿福未盡,故享福。由享福,故造業。既造業已,則墮落惡道,直在瞬息間耳。況有由天命終,承宿世惡業已熟之力,直墮惡道者乎。故古德以修行之人,若無正念修持淨業,唯得人天福報者,名為第三世怨。《法華經》三界無安,猶如火宅,眾苦充滿,甚可怖畏。知好歹者,當以急求出離,企得安隱,為上計也。【序】十一